Paravisi Multimedia - Photography, Videography, Video Camera, Web Design

Wednesday, August 3, 2011

NETWORK INFRASTRUKTUR UNTUK HOTSPOT DENGAN WIFI STANDARD LAPTOP

I. Pengantar
Saat ini perangkat WiFi sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari hampir semua perangkat IT jinjing (handheld) terutama laptop dan Handphone. Penggunaan WiFi banyak sangat penting terutama untuk pertukaran data. Dalam kesempatan ini kami mengenalkan penggunaan WiFi untuk membuat hotspot. Topik ini hanya membahas pada Windows 7 non starter. Bisa Ultimate, Home, Provesional, maupun Enterprise. Kami mengingatkan bahwa cara ini hanya untuk hotspot skala kecil. Misal satu kantor kecil atau satu keluarga. Untuk skala besar tetap diperlukan tambahan router. Ini menarik karena tanpa memerlukan tambahan alat (untuk laptop yang sudah ada fasilitas WIFI-nya) dan tidak perlu tambahan software. Tentu saja untuk komputer yang tidak ada fasilitas WiFi perlu ditambahi WiFi, bisa dalam bentuk USB-WiFi atau Internal Cart WiFi. Anda bisa belanja USB WiFi ke manapun, kalau ingin berterimakasih bisa ke Paravisi (hehehe). Saat ini kami ready USB WiFi merk TP-Link TL-WN722N.

II. Pemanfaatan
WiFi adalah salah satu metode jaringan (Network) nir kabel. Fungsi network secara umum adalah untuk berbagi data/file, program, maupun sumber daya peralatan. Jadi dengan hotspot ini selain bisa berbagi akses internet juga bisa digunakan untuk akses data antar komputer.

III. Langkah Pengaktifan Hotspot
1. Pastikan bahwa fasilitas WiFi di laptop anda telah aktif
2. Masuklah ke Start>All Program>Accesories>klik kanan Comand Prompt>Run As Administrator. Maka akan tampil seperti gambar berikut:









2. Pada command prompt ketikkan skrip dibawah ini, jangan lupa akhiri dengan Enter
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="paravisi hotspot" key=haloparavisi
 Tunggu sampai proses selesai
3. Lanjutkan mengetik perintah berikut, jangan lupa juga akhiri dengan Enter
netsh wlan start hostednetwork
Tunggu sampai proses selesai
Sampai di sini hotspot anda sudah terpancar. bisa anda cek di komputer lain atau diditeksi dengan laptop lain, atau HP. Untuk kepentingan bertukar file dan lain sebagainya sudah bisa, tetapi internet belum bisa berbagi. Untuk berbagi akses internet lakukan langkah berikut:

4. Masuk ke Start>Control Panel> Network and Internet. Akan tampil dialogbox berikut












5. Clik Network and Sharing Center, akan tampil seperti berikut












6. Click Change adapter setting, sehingga muncul tampilan berikut.









7. Clik kanan pada Ikon Internet>Properties> Click Sharing di atas kanan. Saya menggunakan Smart modem sehingga digambar di atas ada ikon Wireless Terminal. Ikon itu yang saya klik kanan. Berikut ini tampilan Internet Sharing:

 8. Centanglah pada bagian seperti gambar di atas. kemudian pada bagian Home Network Conection pilihlah Wireless Network Conection 2 (atau Wireless Network Conection 4, dll pokok yang bernomer genap yang tersedia). Lanjutkan dengan Click Setting di bagian bawah sehingga tampil berikut:

















Aktifkan semua dengan centang. kemudian OK.
Nah. Sekarang sudah selesai proses mengaktifkan hotspot lengkap dengan internet aksesnya.
Silakan dicoba. Jangan putus asa jika belum berhasil. Ingat!!! selalu ada kepuasan bila kita berhasil menguasa sebuah pengetahuan baru yang baik dan bermanfaat. SEMOGA BERMANFAAT. Salam kami dari Paravisi Multimedia

No comments:

Post a Comment